Saturday, June 2, 2012

Biografi Fibonacci


225px Fibonacci 120x120 Tahukah Anda Siapa Fibonacci ?Tahukah anda siapakah Leonardo Fibonacci? Dia adalah salah seorang ahli matematika terkemuka dunia pada eranya disebabkan penemuan beliau yang amat penting yaitu rahasia angka  Fibonacci yang juga dikenali sebagai “The Golden Ratio”. Leonardo Fibonacci dilahirkan di Pisa, Itali sekitar tahun 1175. Beliau dilahirkan dalam keluarga Guilielmo Bonacci, seorang pengusaha sukses terkenal Republik Pisa.  Guilielmo menginginkan putranya kelak menggantikan kedudukannyanya sekaligus menjadi seorang ilmuan pada zamannya oleh karena itu dia telah membuat persiapan-persiapan  untuk Leonardo dengan belajar teknik perhitungan terutama yang melibatkan system angka Hindu-Arab yang pada masa tersebut belum dikenal di Eropa. Fibonacci mampu bergerak bebas ke seluruh Kerajaan Byzantine karena beliau putra dari seorang pengusaha terkemuka dan mempunyai kedudukan tinggi.
Menurut sejarawan Leonardo Fibonacci sangat tertarik dengan 9 symbol sistem nombor Hindu-Arab kemudian dia menekuni ilmu tersebut dan berhasil menguasainyai. Pada abad ke 12 Leonardo kembali ke Pisa dan mulai memberikan sumbangan pada perkembangan ilmu matematika sehingga mendapat gelar kehormatan  sebagai ahli matematik unggul zaman pertengahan.  Leonardo memperkenalkan sistem angka Hindu-Arab kepada masyarakat Eropa. Diantara tulisan beliau adalah “Liber Abaci” yang menunjukkan penguasaan beliau terhadap sistem angka  Hindu-Arab dan juga pemahaman beliau tentang sistem persepuluhan. Dari karyanya  yang  lain para sejarawan  matematika telah menemukan  teori persamaan kuadrat  serta teori algebra lain.
Diperkenalkan dalam seisen ketiga dari bukunya yaitu “Liber Abaci”, didalam bukunya beliau mengangkat sebuah permasalahan sebagai berikut :
“seorang laki-laki memelihara sepasang kelinci pada sebuah kandang  yang dipagar  tembok. Pertanyannya :  berapa pasang kelinci yang didapati  dalam setahun jika tiap bulannya sepasang kelinci itu mampu menghasilkan sepasang kelinci yang dimulai pada bulan kedua ?”
Deret Angka Fibonacci
Dari permasalahan diatas Leonardo Fibonacci mampu unutk menggambarkan perhitungan populasi kelinci tersebut dan dia telah menemukan deret angka yang menghantarkan dia  mengenalkan definisi :  “The Golden Ratio” atau Angka Ratio Emas . Permulaan deret angka Fibonacci dijelaskan sebagaiberikut :
10 + 1 = 1, 1 + 1 = 2, 1 + 2 = 3, 2 + 3 = 5, 3 + 5 = 8, 5 + 8 = 13, 8 + 13 = 21, 13 + 21 = 34, 21 + 34 = 55, …dst
Deret angka Fibonacci ini menunjukkan asal mula kejadian alam semesta dan juga menjadi inpirasi para seniman didalam mewujudkan cipta seni mereka termasuk Leonardo Da Vinci didalam karya lukisannya yang mendunia yaitu Mona Lisa. Selain itu rahasia angka Fibonacci ini juga diaplikasikan secara luas dalam seni kontruksi bangunan, lukisan dan juga wujud dalam anatomi tubuh manusia. Jika anda ingin mengetahui dengan lebih lanjut tentang rahasia angka

1 comment: