Rabu, 09 Mei 2012

KONVERSI SATUAN


A. Konversi Satuan Ukuran Panjang


km    =  Kilo Meter
hm    =  Hekto Meter
dam  =  Deka Meter
m      =  Meter
dm    =  Desi Meter
cm    =  Centi Meter
mm   =  Mili Meter


Untuk satuan ukuran panjang konversi dari suatu tingkat menjadi satu tingkat di bawahnya adalah dikalikan dengan 10 sedangkan untuk konversi satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 10. Contoh :

- 1 km = 10 hm
- 1 km = 1.000 m
- 1 km = 100.000 cm
- 1 km = 1.000.000 mm
- 1 m = 0,1 dam
- 1 m = 0,001 km
- 1 m = 10 dm
- 1 m = 1.000 mm

- 1 inch / inchi / inc / inci = 25,4 mm
- 1 feet / ft / kaki = 12 inch = 0,3048 m
- 1 mile / mil =  5.280 feet = 1,6093 m
- 1 mil laut  = 6.080 feet = 1,852 km

1 mikron = 0,000001 m
1 elo lama = 0,687 m
1 P.jawa = 1.506,943 m
1 P. sumatera = 1.851,85 m
1 acre = 4.840 yards2
1 cicero = 12 punt
1 cicero = 4,8108 mm
1 hektar = 2,471 acres
1 inchi = 2,54 cm


Cara Menghitung :
Misalkan kita akan mengkonversi satuan panjang 12 km menjadi ukuran cm. Maka untuk merubah km ke cm turun 5 tingkat atau dikalikan dengan 100.000. Jadi hasilnya adalah 12 km sama dengan 1.200.000 cm. Begitu pula dengan satuan ukuran lainnya. Intinya adalah kita harus melihat tingkatan ukuran serta nilai pengali atau pembaginya yang berubah setiap naik atau turun tingkat/level.


B. Konversi Satuan Ukuran Luas

Satuan ukuran luas sama dengan ukuran panjang namun untuk mejadi satu tingkat di bawah dikalikan dengan 100. Begitu pula dengan kenaikan satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 100. Satuan ukuran luas tidak lagi meter, akan tetapi meter persegi (m2 = m pangkat 2).

- 1 km2 = 100 hm2
- 1 km2 = 1.000.000 m2
- 1 km2 = 10.000.000.000 cm2
- 1 km2 = 1.000.000.000.000 mm2
- 1 m2 = 0,01 dam2
- 1 m2 = 0,000001 km2
- 1 m2 = 100 dm2
- 1 m2 = 1.000.000 mm2

- 1 hektar / ha / hekto are = 0,01 km2 =  10.000 m2 = 1.000.000 dm2 = 100.000.000 cm2 = 10.000.000.000 mm2
- 1 are = 10-4 km2 = 100 m2 = 10000 dm2 = 1000000 cm2 = 100000000 mm2
Catatan:
- 1 m2 = 1 ca
- 1 km2 = 100 hektar

C. Konversi Satuan Ukuran Berat atau Massa

Untuk satuan ukuran berat konversinya mirip dengan ukuran panjang namun satuan meter diganti menjadi gram. Untuk satuan berat tidak memiliki turunan gram persegi maupun gram kubik. Contohnya :

- 1 kg = 10 hg
- 1 kg = 1.000 g
- 1 kg = 100.000 cg
- 1 kg = 1.000.000 mg
- 1 g = 0,1 dag
- 1 g = 0,001 kg
- 1 g = 10 dg
- 1 g = 1.000 mg

- 1 kuintal / kwintal = sama dengan = 100 kg
- 1 ton = 1.000 kg
- 1 kg = 10 ons
- 1 kg = 2 pounds

D. Konversi Satuan Ukuran Isi atau Volume

Satuan ukuran luas sama dengan ukuran panjang namun untuk mejadi satu tingkat di bawah dikalikan dengan 1000. Begitu pula dengan kenaikan satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 1000. Satuan ukuran luas tidak lagi meter, akan tetapi meter kubik (m3 = m pangkat 3).

- 1 km3 = 1.000 hm3
- 1 km3 = 1.000.000.000 m3
- 1 km3 = 1.000.000.000.000.000 cm3
- 1 km3 = 1.000.000.000.000.000.000 mm3
- 1 m3 = 0,001 dam3
- 1 m3 = 0,000000001 km3
- 1 m3 = 1.000 dm3
- 1 m3 = 1.000.000.000 mm3

Dalam satuan volume selain M3 ada terdapat satuan lain yang disebut dengan Liter. Satuan Liter ini biasanya digunakan untuk menyatakan banyaknya isi dari suatu bangun. Misalnya, satuan ini digunakan untuk mengetahui berapa banyak air yang terdapat dalam suatu akuarium yang berbentuk tabung, hal inilah yang menyatakan isi dari bangun tersebut, dimana air adalah zat yang mengisi bangun tabung tersebut
Tabel diatas merupakan tabel konversi untuk satuan liter.
Setiap turun satu anak tangga maka nilainya akan dikali 10 dan setiap naik satu anak tangga nilainya akan dibagi 10.

Contoh
15 KL = ? dL
Coba lihat, dari KL turun ke dL sebanyak 4 anak tangga, itu berarti nilai yang kita miliki harus dikali dengan 10 sebanyak 4 kali = 15 x 10 x 10 x 10 x10 = 150.000 dL
Mudahkan ? :o
Coba sekarang kalo soalnya lain :
1.7500 mL = ? L
Coba lihat, dari mL naik ke L sebanyak 3 anak tangga, itu berarti nilai yang kita miliki harus dibagi dengan 10 sebanyak 3 kali = 1.7500 :10 : 10 : 10 = 17,5 L
Gimana?? Masih Bingung ?? Pokoknya berpatokan aja sama tabel diatas setiap naik satu anak tangga dibagi 10 dan setiap turun dikali 10


catatan
1 liter / litre = 1 dm3 = 0,001 m3

23 komentar:

  1. Thanks gan..sangat membantu dalam memahami perubahan satuan ukuran..^^

    BalasHapus
  2. - 1 hektar / ha / hekto are = 10.000 m2
    - 1 are = 1 dm2

    Berarti 1 are = .... deka are
    1 deka are = .... hekto are
    Please penting banget

    BalasHapus
  3. 1 are = 0,1 deka are
    1 deka are = 0,1 hektor are


    BalasHapus
  4. Haduhhhhhh??????????

    1.7500 mL = ? DaL. Coba lihat, dari mL naik ke DaL sebanyak 3 anak tangga(?), itu berarti nilai yang kita miliki harus dibagi dengan 10 sebanyak 3 kali = 1.7500 :10 : 10 : 10 = 17,5 dL.

    BalasHapus
  5. saya lulusan s1 pend matematika du PTN ternama ternyata pada lupa lagi karena jarang di pakai, he...

    BalasHapus
  6. tanya nih, jika 0,5 ha + 35dam2 + 15 are = ....... m2, berapa ya? terima kasih ya...

    BalasHapus
  7. sangat membantu gan thanks
    kunjungi juga blok ane yah dickysahabat.blogspot.com ;)

    BalasHapus
  8. dear mas bro ...minta bantuan nic urgent

    2,8 km jika di jadikan luar berapa hektar ( ha ) dan bila di jadikan volume kubik ( m3 ) berapa ....minta tolong yac mas bro

    BalasHapus
  9. maaf ada kekeliruan kaya nya.
    1 inchi = 25.4 mm
    1 inchi = 2.45 cm
    bukannya yang bener itu
    1 inchi 25.4 mm
    1 inchi = 2.54 cm?

    BalasHapus
  10. terimakasih atas koreksinya,,,
    sudah saya perbaharui,,,

    jika ada kesalahan ketik atau isi mohon di infokan lagi,
    mohon bantuan koreksi untuk sahabat blogger lainnya...

    terimakasih sebelumnya.n_n

    BalasHapus
  11. mau tanya dong 1kg = ? liter...

    BalasHapus
  12. kalau 200 joule, berapa Mpa itu mas?

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. onhie girl@maaf atas keterlambatan membalas pesannya...
      sebenarnya satuan yang digunakan adalah berbeda,
      m^3 adalah satuan untuk volume dan kg satuan untuk berat.
      tapi karena onhie girl sudah bertanya maka saya akan mencoba menjawabnya,
      seperti yang diketahui bahwa 1 m^3(air) = 1000 liter (perhatikan postingan saya paling bawah) dan 1 liter =1 kg,
      maka 1000 liter = 1000 kg
      merujuk dari pernyataan diatas, bisa dibilang bahwa
      1 m3(air) = 1000 kg

      bisakah kita mengatan bahwa 1 m^3 (air) = 1000 kg ????
      dapat Anda bayangkan 1m3 (air) = 1 ton???? ^_^

      nb:hanya sebatas pengetahuan saja.
      jika ada kesalahan diharapkan kritik dan sarannya...

      terimakasih sudah berkunjung...
      jangan lupa mampir lagi jika ada kesempatan...^_^

      Hapus
  14. Iklannya obat kuat, anak sy sambil belajar, nanyain... obat kuat ini buat apaan pah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim@Terimakasih atas masukannya, iklan yang kurang pantas sudah saya ganti, mohon maaf atas ketidak nyamanannya...n_n

      Hapus
  15. MAU TANYA DONK GAN KLO 140 M2 = BERAPA INCI GAN

    BalasHapus
  16. thankss mas brow...
    sekalian aku save saja biar gampang konversinya nnti....

    BalasHapus
  17. 1 m3 (kerikil/pasir beton)= .... berapa kg

    BalasHapus
  18. maaf mau tanya mas..... misal luas suatu bangun datar diketahui 10000"persegi= berapa meter kubik kah luas bangun datar tersebut?? trs cara menghitungnya gimana?
    makasih sebelumnya

    BalasHapus